Skip to main content
×

Rahasia meningkatkan traffic organic ala Pakar SEO Favo Perdana

Rahasia meningkatkan traffic organic ala Pakar SEO Favo Perdana



Meninggatkan traffic organic di tahun 2021 sangat penuh tantangan. Selain algoritama yang berubah juga kompetitor yang bertambah. Seorang Pakar SEO Favo Perdana Hadiyanto Saputra memberikan Rahasia agar traffic meingkat dengan algoritma baru.

Berikut ini adalah 3 Rahasia  Meninggatkan organic traffic ala Pakah SEO Favo Perdana Hadiyanto Saputra


1. Website yang user friendly dan cepat


Website yang baik adalah website yang mudah untuk dinavigasikan (user friendly). Jangan sampai pengunjung merasa frustrasi dan kesusahan ketika berkunjung ke website Anda dan akhirnya justru meninggalkannya dalam waktu cepat. Cara terbaik untuk menentukan tingkat user friendly suatu website terhadap pengunjung adalah dengan mengadakan user testing secara profesional. Namun, tidak selamanya harus begitu.

Apabila budget, waktu, atau hal lain yang membuat Anda belum bisa melakukan hal tersebut, Anda masih dapat memastikan apakah website Anda sudah user friendly melalui beberapa hal di bawah ini.

  • Waktu loading yang cepat

Tak ada yang lebih menyebalkan bagi pengunjung website daripada ketika website tersebut membutuhkan waktu lama untuk loading. Bahkan ternyata hal tersebut menjadi salah satu alasan utama mengapa pengunjung meninggalkan website. Biasanya, para pengunjung hanya akan menunggu selama beberapa detik hingga website tampil sempurna. Jika hingga detik tertentu website tak kunjung selesai loading, ia pasti akan meninggalkannya.
Terlebih, Google kini juga menyertakan page load sebagai salah satu pertimbangan dalam menentukan peringkat website pada hasil pencarian. Oleh sebab itu, pastikan website Anda memiliki waktu loading yang tak lebih dari 4-6 detik. Anda bisa menggunakan perangkat seperti Google PageSpeed Insights untuk mengetes kecepatan loading website Anda.

  • Navigasi simpel dan mudah diikuti

Saat merancang site map, pastikan hasilnya bisa menjadi seintuitif dan sesimpel mungkin. Beri nama pada setiap halaman dan pastikan sub navigation masih berhubungan dengan opsi navigasi utamanya. Tidak hanya itu, Anda juga harus memastikan agar pengunjung selalu tahu posisi mereka di dalam website dan ke halaman mana mereka harus pergi. Anda bisa memberi highlight pada bagian navigasi untuk memberi tahu pengunjung di mana mereka berada.

Jangan lupa mengarahkan pengunjung menuju jalur tertentu pada website. Anda bisa menggunakan link CTA untuk memberikan instruksi pada pengunjung halaman apa yang harus mereka kunjungi selanjutnya. Contohnya seperti “Click Here to Order” atau “Download Now”.

  • Logo brand di bagian kiri atas website

Poin satu ini tak hanya membantu website Anda agar bisa user friendly, tetapi juga mampu mendukung strategi branding Anda. Dengan meletakkan logo brand Anda di bagian kiri atas website, pengunjung dapat mengetahui website milik siapa yang sedang mereka kunjungi. Mereka pun juga akan mengidentifikasikan konten yang mereka lihat dengan brand Anda. Cantumkan pula link menuju homepage pada logo tersebut. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk bisa kembali ke homepage dengan mudah di halaman mana pun mereka berada di website.

  • Foto dan gambar untuk mendukung teks

Tahukah Anda bahwa sebuah postingan yang menggunakan gambar mampu menghasilkan engagement hingga 650% lebih tinggi daripada postingan yang hanya terdiri dari teks? Karenanya, jangan lupa cantumkan gambar pada website Anda. Namun, dalam melakukannya, Anda harus berhati-hati. Selain beresolusi tinggi, pastikan pula gambar tersebut masih berhubungan dengan konten halaman. Jika bisa, hindari penggunaan stock photos yang kemungkinan juga digunakan oleh website lain.

Batasi jumlah gambar yang digunakan karena jika terlalu banyak, website Anda akan terlihat terlalu ramai. Pengunjung pun bisa merasa bingung dan terdistraksi, mereka akan kesusahan untuk memusatkan perhatian dan menangkap pesan yang coba Anda komunikasikan.

  • Tampilan responsif di seluruh jenis gadget

Kini, pengunjung website menggunakan beragam perangkat dengan ukuran layar berbeda. Agar dapat menjadi website yang user friendly, pastikan website Anda mampu tampil dengan baik pada setiap gadget dan ukuran layar. Sebuah website yang didesain untuk layar desktop berukuran besar akan beradaptasi menjadi kecil ketika tampil di perangkat mobile. Namun, hanya karena website bisa ditampilkan pada layar kecil, belum tentu website tersebut user friendly. Karenanya, Anda harus menggunakan metode pendekatan yang responsif ketika membuat website agar layout-nya bisa selalu menyesuaikan diri dengan gadget pengunjung.


2. Kontenn yang Bermanfaat dan Berguna


Seperti yang sudah tekankan pada postingan sebelum-sebelumnya, Konten adalah nyawa dari sebuah blog. Untuk itulah diperlukan kreatifitas, ide, serta research terlebih dahulu sebelum membuatnya. Jangan hanya membuat konten yang asal - asalan jika ingin konten yang anda buat, dibaca secara menyeluruh oleh pengunjung anda atau mungkin yang lebih parah lagi, anda akan kehilangan pembaca setia anda.

Lalu, seperti apa detail konten yang konten yang Bermanfaat dan Berguna itu? Seperti pada quote diatas, konten yang Bermanfaat dan Berguna haruslah sangat membantu dan relevan dengan apa yang dibutuhkan oleh pembaca anda. Apa hanya seperti itu? Tentu tidak, masih ada karakteristik lain dan dibawah ini saya akan menambahkan beberapa poin penting saja.

  • Konten harus informatif

Konten yang berkualitas dimaksudkan untuk menginformasikan sesuatu kepada pembaca anda. Tujuan akhirnya dari sebuah konten yang berkualitas adalah untuk menambah pengetahuan pembaca melalui informasi yang disampaikan setelah membaca artikel tersebut. Konten yang berkualitas akan gagal tujuannya apabila tidak memberikan informasi yang akan meningkatkan pengetahuan sang pembaca. Jadi, jika anda ingin membuat konten yang berkualitas semuanya harus dimulai dengan memberikan informasi yang dapat membantu pembaca anda. 

  • Konten harus bermanfaat

Karakteristik lain yang utama dari sebuah konten yang berkualitas haruslah bermanfaat. Sebuah posting artikel yang berkualitas haruslah memberikan solusi untuk masalah atau bisa dibilang memenuhi kebutuhan pembaca anda. Perlu anda ketahui, ada perbedaan antara konten yang informatif dan konten yang bermanfaat. Sebuah konten mungkin infromatif tetapi tidak memberikan solusi kepada pembacanya sedang konten yang bermanfaat memberitahukan tentang masalah apa yang dibahas serta memberi solusi untuk menyelesaikannya.

  • Konten harus detail

Konten yang berkualitas haruslah ditulis secara rinci dan jika perlu anda bisa menambahkan link keluar ataupun ke dalam posting blog anda yang relevan lainnya (internal linking) yang bisa memberikan tambahan informasi untuk membantu permasalahan yang pembaca anda alami.

  • Konten haruslah unik dan menarik

Saya yakin banyak blogger yang masih kesulitan dalam membuat sebuah konten yang unik. Begitu pun juga dengan saya. Untuk menghindari duplikat konten, mau tidak mau kita harus membuat suatu konten yang berbeda dengan yang lainnya. Anda boleh - boleh saja membuat artikel yang sama dengan yang sudah dibuat orang lain, tetapi dengan catatan, apa yang anda sampaikan haruslah berbeda. Jadi intinya, Isi boleh sama tapi pemaparan harus berbeda.


3. Struktur onpage & offpage yang kuat


  • SEO On Page

SEO On Page adalah upaya optimasi yang memanfaatkan penerapan dasar-dasar SEO dalam halaman website untuk meningkatkan pengunjung. Proses optimasi SEO on page dilakukan dengan teknik optimasi pada internal website seperti membuat konten berkualitas, tema yang memudahkan SEO, internal link, pemanfaatan plugin, serta penggunaan keyword yang menjadi target utama pencarian google.

Dengan melakukan SEO on page dalam jangka waktu tertentu diharapkan website mendapat posisi yang baik di halaman pencarian google. Adapun macam-macam teknik SEO On Page adalah :

  • Gunakan Templet SEO friendly
Desain templet yang digunakan sebuah website berpengaruh terhadap mesin pencari google. Untuk itu gunakan templet yang SEO friendly agar memudahkan pencarian google dan membantu website mendapat posisi baik dalam pencarian google. Templet tidak selalu harus terlihat bagus dan megah bahkan berbayar.

Mesin pencari google tidak melihat bagus tidaknya sebuah tempelet tetapi melihat mudah tidaknya dirambat robot pencari google atau tidak agar mudah menempatkannya di halaman utama pencarian google. Untuk memudahkan perambatan google, maka gunakan templet yang sangat SEO friendly agar membantu website mendapatkan posisi terbaik di laman pencarian.


  • Pasang Keyword pada judul dan konten
Keyword adalah komponen utama yang sangat penting dalam optimasi SEO on page. Dengan menggunakan keyword yang tepat akan membuat mesin pencari google menyukai sebuah website. Semain bagus keyword yang dipilih maka akan semakin besar peluang sebuah website untuk mendapatkan posisi di halaman-halaman utama pencarian google.

Penggunaan keyword pada website Jasa Seo bergantung pada teknik yang digunakan para pengelola website. Jika teknik optimasi yang digunakan benar, maka website akan mendapatkan dampak dari optimasi yang dilakukan. Namun jika teknik yang digunakan tidak tepat maka optimasi SEO berjalan lebih lama bahkan tidak berhasil.


Untuk optimasi kata kunci pada halaman website dapat dilakukan dengan penempatan kata kunci yang tepat di halaman-halaman website. Salah satu penempatan kata kunci yang tepat ada pada judul. Judul menggambarkan isi keseluruhan dari website. Untuk itu gunakan keyword pada judul agar mudah dirambat pencarian google dan memunculkannnya dalam laman hasil pencarian.

Penempatan kata kunci juga dapat dilakukan pada laman utama konten. Penggunaan kata kunci pada laman konten dilakukan dengan menempatkan keyword tersebut pada bagian-pagian penting konten itu sendiri. Penempatan keyword tertarget dengan pola tertentu akan membuat website semakin disukai laman pencarian google.


  • Letakan judul postingan didepan judul blog
Penempatan judul postingan di depan judul blog akan membuat website disukai mesin pencarian google. Dengan menempatkan judul postingan di depan judul pada meta deskripsi maka memudahkan perambatan yang dilakukan mesin pencari google dan membuat website disukai robot perambatan google. Selain itu dengan menempatkan judul di depan judul website maka akan memudahkan dibaca oleh orang yang mencari laman tertentu.


  • Pasang Meta Tags
Penggunaan meta deskripsi yang tepat akan membuat website mudah dikenali mesin pencarian google. Meta deskripsi berfungsi untuk memuat deskripsi halaman website agar mudah dikenali mesin pencarian google.

Dengan menggunakan meta deskripsi yang tepat dan sebisa mungkin ditulis dengan kalimat yang jelas, mudah dipahami, dan memuat kata kunci agar meta deskripsi semakin memiliki kekuatan yang membuat website disukai mesin pencarian google.


  • Percepat waktu loading
Waktu loading website sangat penting dalam membuat website disukai mesin pencari google. Dengan waktu loading yang singkat akan membuat website mudah bersaing dalam mesin pencarian karena dapat diakses dengan cepat oleh mesin pencarian.

Jika waktu loading lama selain sulit diakses oleh google juga tidak disukai orang karena membutuhkan waktu untuk menunggu munculnya laman yang dicari. Untuk itu usahakan untuk mempercepat loading website agar disukai mesin pencari google dan disukai pengguna.


  • Internal Link
Internal link adalah tautan halaman yang ditautkan kedalam halaman itu sendiri. Penggunaan internal link untuk membuat halaman disukai mesin pencarian dan membuat halaman lebih terstruktur dan disukai pengguna karena mudah untuk mendapatkan informasi yang relevan pada website Jasa Seo tersebut. Adapun tujuan dari penggunaan internal link yang sesungguhnya adalah:

  • Memudahkan navigasi bagi pengunjung yang membutuhkan informasi sejenis 
  • Membentuk struktur laman website yang lebih baik. Mendistribusikan otoritas website ke laman lain di website tersebut 
  • Optimasi gambarPenggunaan gambar juga penting agar pengunjung tetap betah dan terus membaca website kita. 
  • Jika pengunjung datang dan tidak betah maka akan berpengaruh pada bounce rate website. Untuk itu dibutuhkan gambar untuk membuat pengunjung berlama-lama di website kita.


Untuk membuat pengunjung betah, maka digunakan gambar yang menarik dan bermanfaat. Dengan demikian pengunjung betah berlama-lama dan akan kembali lagi jika menyukai website dan konten yang kita suguhkan karena dirasakan bermanfaat.


  • SEO off page


SEO off page merupakan langkah langkah optimasi website dengan melakukan upaya menautkan website kepada website lain yang memiliki rating tinggi melalui penautan backlink. Mesin pencarian google menyukai perambatan pada website yang memiliki backlink tinggi.

emakin bagus kualitas sebuah website maka akan semakin baik pula untuk direferensikan oleh mesin pencarian setiap ada pencaraian untuk website terkait. Dengan demikian akan memungkinkan website muncul di halaman pertama google seperti tujuan SEO dilakukan. Untuk itulah alasan mengapa pentingnya melakukan teknik SEO Off Page agar website diperhitungkan google. Beberapa keuntungan menggunakan SEO off page antara lain:
 
  • Meningkatkan peringkat dalam pencarian google
Penggunaan SEO off page akan meningkatkan perambatan mesin pencarian google sehingga memunculkan website pada halaman utama google. Semakin bagus teknik yang digunakan maka semakin cepat peningkatan posisi dalam pencarian google.


  • Meningkatkan Ranking Halaman Website
Page rank merupakan salah satu algoritma yang melakukan pemeringkatan website dalam laman pencarian google. Dengan algoritma ini dapat diketahui bagaimana posisi website dibandingkan dengan website lain baik secara nasional maupun global. Dengan demikian dapat diketahui juga bagimana popularitas website dibandingkan dengan website lain.


  • Mendapatkan unique visitor website
Unique Visitor merupakan jumlah pengunjung dari IP tertentu ke website pada kurun waktu tertentu. Dengan banaknya unique visitor menjadi penilaian akan keberhasilan sebuah website. Semakin banyak unique visitor maka akan semakin besar kemungkinan sebuah website untuk suskses.


  • Meningkatkan Reputasi website
Reputase website adalah catatan tentang bagaimana kualitas website di laman pencarain google. Untuk mengetahui reputasi sebuah website dapat dilakukan pengukuran terhadap baik dan buruknya sebuah website dalam pencarian google.

Pemantaun terhadap reputasi penting dilakukan untuk menjaga website agar terus menurus mendapat penilaian baik dalam pencarian google. Dengan reputasi yang baik akan membuat mesin pencari google dapat melakukan perambatan dengan cepat dan memunculkan pada halaman utama google. Namun jika sebaliknya google akan melakukan langkah-langkah untuk membatasi perambatan dan berakibat pada menurunnya kualitas website di laman pencarian google.


Berikut cara optimasi dengan menggunakan teknik SEO Off page

  • Social Media
Sosial media merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk meningkatkan SEO off page. Sosial berguna untuk membawa leads ke website melalui postingan atau konten sosial media yang dibagikan. Dengan membagikan konten-konten bermanfaat dan bagus melalui sosial media akan meningkatkan kunjungan website yang dipromotori oleh sosial media.

Selain itu peningkatan jumlah konten dengan kata kunci tertentu melaui sosial media akan mengarahkan pengunjung ke website. Selain itu konten sosial media juga sangat mudah dan cepat terindex google. Hal ini sangat menguntungkan bagi wesbite.


  • Backlink
Backlink merupakan salah satu SEO Off Page yang sangat berpengaruh terhadap website dalam hubungannya dengan rankin website pada pencarian google. Backlink yang berkualitas sangat membantu untuk membuat halaman website dijangkau mesin pencarian google, teknik ini banyak sekali digunakan untuk meningkatkan posisi website di halaman pencarian google.

Tidak semua backlink baik untuk meningkatkan popularitas website di laman pencarian google. Hanya website dengan pengunjung atau trfaik yang bagus yang baik untuk memberikan pengaruh bagi website untuk muncul di halaman google.

 
Dengan jumlah trafik yang besar diharapkan akan berdampak pada kunjungan website, namun jika yrafik kecil akan memberatkan website karena tidak ada pengaruh untuk website yang ditautkan. Untuk itu bangunklah backlink dengan website yang sudah memiliki pengaruh dan popularitas yang baik di laman pencarian google.


  • Sharing Gambar
Melakukan upload gambar pada situs berbagi gambar atau penyimpanan gambar dan membagikan link pada wesbite dapat memberikan dampak backlink yang baik bagi website. Teknik banyak digunakan karena mudah dan dapat dilakukan sendiri oleh pengelola website tanpa harus menunggu konfirmasi dari orang lain.

Selain itu situs berbagi gambar biasanya memiliki pengunjung dan pengguna yang banyak karena memang kebutuhan orang mencari gambar yang relevan. Untuk menambah backlink dan meningkatkan popularitas website anda dapat mencoba cara ini agar posisi website anda dapat meningkat lebih cepat dalam laman pencarian google.


  • Submit website ke mesin pencari atau GSC
Submit website ke mesin pencari merupakan salah satu cara yang sudah lama sekali di parketkkan. Jauh sebelum cara-cara saat ini berkembang, cara submit website ke mesin pencarian sudah membuktikan hasilnya. Dengan mengupload website pada mesin pencari maka website semakin cepat terindeks.

Hal ini membuat website ramah terhadap robot pencarian. Tidak ada salahnya melakukan cara ini untuk meningkatkan popularitas website dan memudahkan mesin pencarian menemukan website anda.


  • Blogwalking
Blogwalking juga merupakan salah satu cara lama namun masih dilakukan banyak orang hingga saat ini. Biasanya blogwalking dilakukan oleh blogger pemula untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Selain itu blogwalking juga merupakan support sosial untuk slaing menyemangati antar sesama blogger.

Pada dasarnya blogwalking tidak terlalu berpengaruh pada peningkatan jumlah pengunjung secara signifikan karena blogwalking hanya mendatangkan pengunjung itu-itu saja. Walaupun termasuk cara lama yang membantu namun cara ini boleh anda tinggalkan karena tidak terlalu berpengaruh terhadap perkembangan popularitas blog anda.


Kesimpulan

Kombinasi SEO dan Website yang user friendly adalah kunci.  Salah satu contohnya adalah website popbela.com  yang dikelola oleh SEO Favo Perdana Hadiyanto Saputra. Organic traffic pada bulan  Agustus 2020 adalah 1.7M dan kemudian setelah menerapkan  Rahasia meningkatkan organic traffic di tahun 2021 , Traffic  meningkat  tiga kali lipat pada Februari 2021  diangka 3.5M. 

Rahasia meningkatkan traffic organic ala Pakar SEO Favo Perdana



Jadi tahun 2021 adalah tantangan, apalagi bagi SEO pemula. Rahasia utama meningkatkan traffic organic adalah Website yang user friendly dan cepat, Konten yang bermanfaat, dan Struktur onpage & offpage yang kuat. 


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar