10 Hal penting algoritma google 2021
Written on: December 27, 2020
Sektor pemasaran digital terus berkembang. Pentingnya SEO terus meningkat dari hari ke hari, dengan tujuan menarik pelanggan baru dan membuat peringkat situs kami lebih tinggi.
Selain itu, SEO juga terus berkembang, dan mengawasi pembaruan terkini merupakan sebuah tantangan. Itulah mengapa dalam posting ini kita akan melihat beberapa tren SEO teratas yang akan diperhitungkan oleh mesin telusur pada tahun 2021.
Tren ini akan memungkinkan kami untuk mempersiapkan strategi tahun baru dengan lebih baik dan lebih efisien.
1. Pencarian Suara
Kami telah membicarakan tren ini sejak tahun lalu, tetapi pada tahun 2021 kami akan dapat mengandalkan penelusuran suara di semua perangkat pintar.
Berkat inovasi seperti Google Assistant, Siri, dan Alexa, teknologi pencarian suara telah berkembang pesat. Dan penelusuran suara menjadi semakin populer di mesin telusur - melalui perintah suara ponsel cerdas - dan speaker pintar.
Ini akan mengubah cara kita menulis dan berkomunikasi sepenuhnya, artinya teknik SEO kita harus beradaptasi berdasarkan kata kunci baru yang kita gunakan.
Perubahan besar dalam kebiasaan penelusuran ini juga memengaruhi kampanye berbayar, yang harus disesuaikan untuk penggunaan lebih banyak frasa semantik dan lebih mementingkan penggunaan Long Tail saat memikirkan kata kunci.
Selain itu, kami harus bekerja untuk menambahkan nada percakapan dalam konten yang kami tulis - konten situs web, artikel, dan salinan iklan - dan fokus pada format tanya jawab sederhana dengan kalimat pendek.
2. Platform Responsif Seluler
Meskipun penelusuran Suara agak baru, memiliki situs web yang responsif seluler telah menjadi salah satu tren paling relevan untuk diikuti dalam dua tahun terakhir.
Faktanya, ini dimulai pada 2019 ketika Google mengumumkan bahwa bot mereka hanya akan merayapi versi seluler situs web setelah inisiatif pertama seluler yang diluncurkan hanya 3 tahun sebelumnya.
Ini berarti mesin pencari menganggap versi seluler sebagai versi utama di atas versi desktop. Dan jika situs tidak memilikinya, situs berisiko tidak akan diindeks sama sekali.
Apalagi, jumlah pengguna yang mengakses internet dari perangkat selulernya terus meningkat setiap tahunnya.
Pada November 2020, smartphone dan tablet sudah menyumbang lebih dari 60% lalu lintas internet, dan jumlahnya diperkirakan akan tumbuh hingga 70% pada 2021.
Jadi, menjadikan platform Anda responsif seluler bukanlah opsi yang bagus untuk dimiliki, ini adalah rute wajib.
3. Pencarian Tanpa Klik
Perilaku pengguna juga berubah dari hari ke hari, begitu pula generasi pelanggan utama, generasi milenial. Generasi yang menginginkan segala sesuatunya diselesaikan dengan cepat. Saat itulah penelusuran tanpa klik masuk ke dalam permainan.
Pencarian tanpa klik adalah pencarian di mana pengguna mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tanpa mengklik URL yang sebenarnya.
Karena sifatnya, pencarian tanpa klik sangat bergantung pada cuplikan kaya, rekomendasi produk dari Google, widget bisnis Google, widget peta Google, dan sebagainya.
Semua elemen ini membantu situs Anda menampilkan konten yang menarik, seperti harga, opini pengguna, atau video yang diharapkan akan menarik perhatian pengguna Anda dan meyakinkan mereka untuk mengklik situs Anda, bukan pesaing Anda.
Semakin fokus Anda untuk mengoptimalkan pencarian tanpa klik, semakin besar peluang Anda untuk meningkatkan rasio klik-tayang (CTR) dan lalu lintas ke situs web.
Selain itu, Google telah menerapkan format ini selama bertahun-tahun, tetapi peningkatan pencarian suara membuat mereka semakin populer. Oleh karena itu, persaingan juga meningkat karena manfaat besar yang dibawanya pada RKT dan rasio konversi.
4. Pencarian Semantik
Google tidak lagi memfokuskan semua upayanya pada string teks tetapi mengamati dan memahami konteks kalimat.
Itulah mengapa kami menyertakan kata-kata sekunder dan memperlakukannya pada tingkat kepentingan yang sama dengan kata-kata utama. Untuk mengatasi pencarian semantik, kami akan membuat konten yang ditujukan untuk menjawab apa yang biasanya dicari pengguna.
Istilah semantik terkait dengan interpretasi tanda kata, simbol, bahasa, dan sumber daya lain yang kita gunakan untuk berkomunikasi. Ketika berbicara tentang mesin pencari, mengacu pada interpretasi pencarian yang benar melalui jaringan data semantik dan kata-kata yang saling berhubungan.
Berkat jaringan yang terhubung ini, mesin pencari mampu menginterpretasikan maksud pencarian oleh pengguna yang berbeda dengan lebih baik, untuk itu, alat pencarian lebih baik dalam menemukan apa yang dicari pengguna, bahkan dengan data dan informasi yang lebih sedikit.
5. Pengalaman Pengguna
Jika Anda ingin bisnis Anda sukses, Anda tidak dapat mengabaikan pengalaman pengguna. Tidak hanya itu akan menjadi salah satu faktor terpenting untuk diikuti pada tahun 2021 tetapi juga mengubah inti dari semua perusahaan karena krisis yang disebabkan oleh pandemi.
Dan jika itu tidak cukup untuk meyakinkan Anda, Google juga mendorong serangkaian faktor pengindeksan baru yang disebut Core Web Vitals. Aturan baru akan mempertimbangkan pengalaman halaman, UI dan UX, kecepatan halaman, dan lainnya.
Jadi, penerapan pengalaman pengguna yang benar tetap menjadi tujuan untuk dikejar, menawarkan perjalanan kepada pengguna, konten, dan keseluruhan kesenangan yang mereka cari, tanpa gangguan, dan dengan cara yang paling orisinal dan tercepat.
Memastikan pengguna Anda puas dengan konten dan informasi yang mereka peroleh dari situs Anda akan semakin menjadi faktor penentu. Elemen seperti kecepatan pemuatan sangat penting untuk pengalaman yang benar di tempat.
Pertumbuhan dan perkembangan Google Discover, sebuah fitur perangkat seluler yang menawarkan konten kepada pengguna berdasarkan minat mereka tanpa harus melakukan pencarian lengkap, akan menjadi saluran lalu lintas yang sangat penting bagi situs informasi.
6. Pencarian Lokal
Perilaku pengguna berubah karena situasi saat ini. Salah satu aspek yang berubah terkait SEO positioning adalah pencarian lokal. Pandemi telah mengubah cara hidup kita dan juga mengubah kebiasaan browsing internet kita.
Orang-orang berusaha membeli dan mencari barang dan jasa yang sedekat mungkin dari tempat tinggal mereka. Jadi, SEO lokal menjadi sangat relevan, terutama dalam pencarian transaksional.
Kami menggunakan Google untuk menemukan produk, layanan, atau bisnis secara lokal, seperti toko, restoran, atau bahkan toko lingkungan sekitar yang ikut bermain, bahkan tanpa situs web. Untuk alasan ini, sangat penting bahwa jenis perusahaan ini ditempatkan di Google secara lokal, karena ini akan memberi mereka visibilitas yang baik di wilayah mereka.
Tidak memilih strategi SEO lokal akan menyiratkan bahwa web harus bersaing dengan banyak restoran. Jika Anda tidak menjangkau target lokal Anda, ini akan menghalangi Anda untuk menyapa orang yang tepat dan membuatnya sangat sulit untuk memposisikan bisnis Anda, karena Anda harus menghadapi persaingan yang berlebihan.
Di sisi lain, ketika Anda mengubah strategi SEO dan memfokuskannya pada SEO Lokal, posisi mesin pencari Anda berubah secara radikal.
Untuk mencapai pemosisian yang baik di SERP lokal, Anda perlu fokus pada kata kunci dan konten situs web kami, serta SEO Off-Page, dan mengoptimalkan konten Anda untuk Google Bisnisku.
Alat ini memungkinkan kami untuk mempublikasikan informasi yang relevan tentang bisnis kami, seperti lokasi dan penampilannya di Google Maps, jam buka, foto, dan video tempat, dan bahkan pendapat pelanggan.
Jangan lupa untuk mengerjakan NAP (Nama, Alamat, Telepon) Anda dan pastikan itu muncul di situs web mana pun tempat nama bisnis Anda muncul, dimulai dengan situs web Anda sendiri, diikuti oleh platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.
7. SEO Off-Page
Banyak yang telah dikatakan dan dipelajari tentang SEO On-Page, tapi bagaimana dengan Off-Page? Strategi hebat yang membuat kami mendapatkan lebih banyak visibilitas di Google, membuat tautan eksternal di halaman lain yang mengarah ke situs web utama kami.
Setelah pembaruan Google E-A-T, Google mencari keahlian, otoritas, dan kepercayaan di situs web kami. Memiliki tautan rujukan dari situs web yang relevan menunjukkan kepada Google tentang kepercayaan dan otoritas situs kami.
Anda dapat memulai Membangun Tautan dengan berbagai teknik seperti posting tamu, membuat blog merujuk ke situs web Anda, aktif di platform sosial, atau sekadar berbagi konten.
Karena faktor SEO terus berubah setiap tahun, situs web Anda juga perlu diperbarui untuk perubahan tersebut. Jika tidak up to date, website Anda akan dihapus dari hasil pencarian Google begitu saja.
SEO Off-Page akan terus menjadi tren penting dalam hal memberikan ketenaran dan otoritas ke halaman, tetapi sekarang, kualitas lebih diprioritaskan daripada kuantitas.
Desain dan penerapan strategi tautan balik harus berasal dari atau menuju ke tautan berkualitas di situs web yang relevan yang membantu lebih baik posisi halaman kami.
8. Format Video
Konten video mendapat peringkat 50% lebih baik daripada halaman web teks biasa tanpa konten interaktif, sementara 63% pencarian Google menyertakan video.
Di antara pertumbuhan yang luas dan konstan ini, pelopornya adalah jaringan seperti YouTube dan TikTok. Mungkin itulah sebabnya video akan memiliki peran yang lebih besar di tahun 2021, dengan tujuan mendapatkan hasil penelusuran pertama.
Konten video terus menjadi format terbaik untuk SEO, selain menjadi jenis konten terbaik yang menarik lebih banyak lalu lintas dan menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi.
Selain itu, gambar akan tetap sama pentingnya, tetapi video harus dioptimalkan dengan kata kunci baik dalam judul dan deskripsi atau dalam saluran di mana mereka dipublikasikan.
Jadi, jelas bahwa video adalah format yang disukai pengguna untuk mengonsumsi konten. Jika kami masih belum memiliki saluran, kami harus mempertimbangkan untuk membukanya dan mulai membuat konten untuknya.
Pastikan nama dan deskripsi saluran dioptimalkan. Dan, sebelum mengunggah video Anda, ingatlah tindakan SEO dasar seperti memasukkan kata kunci tersebut, membuat video panjang, karena peringkatnya lebih tinggi daripada yang lebih pendek, dengan gambar mini yang menarik.
Jangan lupa untuk mendorong pengguna untuk berinteraksi dengan video atau saluran, undang mereka untuk berbagi video dengan teman dan kontak mereka.
9. HTTPS (Sertifikat SSL)
Masih ada beberapa halaman yang belum disesuaikan dengan protokol HTTPS (HyperText Transfer Protocol Secure), yang menyatakan bahwa web tersebut sah dan menjaga privasi data penggunanya.
Tidak adanya protokol ini akan mempengaruhi positioning SEO dan masalah keamanan situs web kita. Saat pengguna mencoba mengakses situs dengan HTTP lama, mereka akan didekati oleh pesan yang memberi tahu mereka bahwa situs tersebut tidak aman, yang akan membuat pengguna kembali dalam banyak kasus.
Salah satu masalah terbesar dari tidak memasukkan protokol Aman adalah menyebabkan rasio pentalan yang tinggi dan rata-rata waktu tunggu yang sangat rendah, yang dalam tingkat SEO diterjemahkan menjadi jaminan hukuman, dan kerugian besar pada lalu lintas.
Untuk memastikan Anda melakukan perubahan dengan benar, periksa peta situs dan pengalihan protokol HTTP ke HTTPS, serta beri tahu Google tentang perubahan tersebut melalui Search Console, sehingga mereka dapat mengikuti evolusinya.
10. Konten Berkualitas
Ini telah menjadi penting untuk waktu yang lama, tetapi kepentingannya akan meningkat pada tahun 2021. Selain sebagai poros utama dari strategi pemasaran masuk, kualitas konten sangat penting untuk Google EAT, seperti yang disebutkan sebelumnya, yang akan menentukan atau relevansi yang lebih rendah di SERPs.
Konten berkualitas sangat penting untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari. Ini berarti membuat konten yang relevan dan menjawab pertanyaan umum atau topik yang menarik bagi calon pelanggan kami.
Selain itu, jika kontennya panjang akan membantu meningkatkan hasil SERP kita. Lama membaca, dari 3000 kata memperoleh lalu lintas tiga kali lebih banyak. Fokus menulis konten yang panjang tetapi tetap terasa relevan dan menarik bagi pembaca Anda, sehingga Anda dapat mencapai peringkat teratas.
Untuk melakukannya, penting untuk menambahkan judul dan subpos (H2 dan H3), yang sangat penting untuk pengoptimalan konten ponsel.
Kesimpulan
Kompleksitas seputar SEO dan pemosisian menjadi lebih kompleks setiap tahun, beralih dari kesederhanaan yang hanya mengoptimalkan teks, menambahkan kata kunci, dan judul meta.
Dalam tren SEO saat ini dan selama 2021, kami harus memikirkan topik yang berkisar dari kontrol suara hingga penentuan posisi video kami. Penentuan posisi web seperti yang kita ketahui menghilang, dibawa oleh perubahan konstan dalam perilaku dan teknologi pelanggan.
Tren SEO ini adalah petunjuk tentang masa depan dan awal dari babak baru dalam komunikasi manusia, di mana semuanya tergantung pada pengguna dan kebutuhan mereka.